Frequently Asked Questions

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

I. AMBON ACCESS

Apa itu Ambon Access?

Aplikasi kota Ambon berbasis iOS yang membantu masyarakat kota Ambon dalam mewujudkan kota Ambon sebagai kota pintar atau smart city yang terintegrasi dengan kebutuhan informasi publik kota Ambon, pembayaran/pembelian transaksi keuangan dan berbelanja  online (marketplace).

 

Apa keuntungan menggunakan aplikasi Ambon Access?

  • Memudahkan masyarakat Kota Ambon khususnya dalam mendapatkan informasi mengenai program acara, berita dan informasi lainnya melalui aplikasi Ambon Access.
  • Mempermudah proses transaksi masyarakat Kota Ambon tanpa menggunakan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Memberikan wadah bagi kegiatan wirausaha Masyarakat Kota Ambon untuk lebih kreatif dalam memasarkan barang yang akan diperjualbelikan.
  • Meningkatkan perekonomian dan membantu edukasi Masyarakat Kota Ambon sebagai Pengguna Ambon Access.

 

Fitur apa saja yang dimiliki aplikasi Ambon Access?

Saat ini fitur yang yang dapat digunakan adalah :

  • Fitur Belanja Online
  • Fitur ini dapat digunakan oleh para Pengguna yang sudah terdaftar dalam melakukan transaksi jual-beli secara online untuk produk-produk seperti makanan, pakaian, perabotan rumah tangga dan kesehatan melalui aplikasi Ambon Access.

  • Fitur Informasi Lokal
  • Fitur ini merupakan fitur yang digunakan dalam mencari Informasi tentang Kota Ambon, meliputi :

    1. Layanan Informasi, yaitu layanan yang berisi untuk mengetahui alamat, nomor telepon yang dapat di akses Pengguna, seperti: Bank, Kantor Pemerintahan, Restoran, Oleh-Oleh, Tempat Ibadah, Swalayan, Wisata dan Kantor Travel Agen, yang dapat dijadikan refrensi untuk menambah informasi Pengguna Ambon Access.
    2. Layanan Evenadalah layanan yang berisi informasi event yang diselenggarakan di Kota Ambon ataupun event yang diselenggarakan secara online dari sektor pemerintahan ataupun swasta.
    3. Layanan Berita adalah layanan yang berisi informasi berita lokal seputar Kota Ambon mengenai sesuatu yang sedang terjadi yang disajikan melalui aplikasi Ambon Access.
    4. Layanan Pantau Corona adalah layanan yang berisi infromasi perkembangan terbaru untuk memonitor wabah virus Corona atau Covid 19 di Kota Ambon.

  • Fitur Mart@access
  • Adalah fitur berbelanja berbagai kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam kategori produk.

  • Fitur Layanan Keuangan
  • Adalah fitur keuangan yang memberikan kemudahan untuk transaksi tanpa menggunakan uang tunai dengan berbagai menu, seperti : Dompet Elektronik, Top Up saldo pada aplikasi, Riwayat Top Up, Transfer dana, Riwayat Transaksi dan Pembayaran melalui QR Code.

  • Fitur Kebutuhan Masyarakat
  • Adalah fitur layanan pembayaran tagihan dan pembelian Top Up secara online baik harian maupun bulanan dalam memfasilitasi kebutuhan rutinitas Pengguna.

 

Apa bedanya aplikasi Ambon Access dengan aplikasi smartcity lainnya?

Sangat berbeda, aplikasi Ambon Access saat ini belum menonjolkan Smart Government tidak seperti aplikasi smartcity lainnya yang ada di Indonesia. Aplikasi layanan Ambon Access saat ini untuk memberikan kemudahan untuk Pengguna melakukan transaksi keuangan, belanja kebutuhan yang diinginkan secara online serta informasi terkait kota Ambon secara keseluruhan.

 

Apakah aplikasi Ambon Access aman ?

Tingkat keamanan aplikasi Ambon Access berada pada tingkat level tinggi, karena saat membuka aplikasi Ambon Access membutuhkan password untuk setiap akun / Pengguna,  selain itu setiap melakukan transaksi diperlukan PIN transaksi yang hanya diketahui oleh Pengguna.

 

Apakah bisa melakukan transaksi di aplikasi Ambon Access jika tidak ada koneksi internet?

Tidak bisa, untuk menggunakan aplikasi Ambon Access harus terhubung ke internet.

 

II. SERVICE AMBON ACCESS

Jika Ponsel Pengguna Ambon Access hilang / Pengguna Ambon Access mengganti Ponsel baru. Apa yang harus dilakukan Pengguna Ambon Access?

Anda tidak perlu khawatir, cukup install aplikasi di ponsel yang baru dengan nomor ponsel yang lama, kemudian login aplikasi. Jika Anda menggunakan nomor ponsel baru, maka Anda harus melakukan daftar kembali sebagai Pengguna Ambon Access Baru.

 

Jika Nomor Ponsel hilang atau tidak dapat digunakan lagi bagaimana cara melaporkannya?

Anda dapat melaporkannya ke Customer Service Ambon Access di nomor 0811-1983-893 terkait kehilangan nomor ponsel Anda, selanjutnya oleh Customer Service Ambon Access akan melakukan pemblokiran akun apabila diperlukan.

 

Bagaimana cara Pengguna memberi saran / komplain atau bertanya seputar aplikasi Ambon Access ?

Pengguna dapat memberi saran / komplain / bertanya seputar aplikasi Ambon Access melalui menu bantuan yang ada di aplikasi Ambon Access baik melalui telepon Customer Service di 0811-1983-893 maupun melalui email service.ambon@accessdigital.id.

 

Bagaimana caranya jika Pengguna Ambon Access lupa password ?

Apabila Pengguna Ambon Access lupa password, maka pada halaman login pilih menu lupa password, selanjutnya tuliskan alamat email Pengguna untuk pengaturan ulang password.

 

Bagaimana caranya jika Pengguna Ambon Access lupa PIN Transaksi ?

Apabila Pengguna Ambon Access lupa PIN Transaksi, maka pada halaman utama pilih menu Akun dan pilih menu lupa PIN Transaksi, selanjutnya tuliskan alamat email Pengguna untuk pengaturan ulang PIN Transaksi.

 

III. REGISTRASI MENJADI PENGGUNA

Apakah ada biaya registrasi untuk menjadi Pengguna Ambon Access ?

Tidak ada biaya, regristrasi di Ambon Access gratis.

 

Bagaimana cara bergabung untuk menjadi Pengguna Ambon Access ?

  • Download aplikasi Ambon Access di App Play Store.
  • Lakukan pendaftaran Akun
  • Isi Saldonya (topup saldonya)
  • Mulai bertransaksi

 

Apa saja yang diperlukan untuk registrasi sebagai Pengguna Ambon Access ?

Untuk pendaftaran cukup mengisi data pribadi sebagai berikut :

  • Nomor Ponsel Pengguna
  • Nama Lengkap Pengguna
  • Alamat Email Pengguna
  • Kode Referral jika ada.

 

Apakah Pengguna Ambon Access dapat melakukan transaksi di aplikasi ?

Setiap Pengguna yang telah melakukan pendaftaran dapat melakukan transaksi di aplikasi Ambon Access sesuai dengan maksimum nilai transaksi yang telah ditentukan.

 

Jika saat daftar, Saya tidak mendapatkan SMS kode OTP, apa yang harus dilakukan?

Silahkan klik tulisan berwarna merah "kirim ulang" dan pastikan nomor ponsel sudah sesuai atau hubungi Customer Service  Ambon Access di nomor  0811-1983-893 . Jika setelah registrasi tidak mendapatkan SMS kode OTP, informasikan nomor ponsel yang anda daftarkan untuk ditindaklanjuti oleh Customer Service.

 

Apakah terdapat jenis keanggotaan di aplikasi Ambon Access ?

Aplikasi Ambon Access tidak terdapat jenis keanggotaan sebagai Pengguna Ambon Access.

 

III. LAYANAN KEUANGAN

Bagaimana cara melakukan Top Up

Langkah yang harus anda lakukan:

  1. Pilih menu dompet pada halaman beranda.;
  2. Pilih TOP UP;
  3. Masukan nominal yang Anda butuhkan;
  4. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan;
  5. Klik “Lanjutkan”;
  6. Mendapatkan nomor virtual account;

Setelah itu ada banyak pilihan cara melakukan transfer TOP UP aplikasi Ambon Access melalui virtual account dapat dilakukan melalui:

  1. Melalui Bank BNI:
  2. ATM BNI

    1. Masukkan kartu ATM dan PIN ATM Anda
    2. Di menu utama, pilih TRANSFER
    3. Pilih TRANSFER KE VIRTUAL ACCOUNT
    4. Masukkan nomor Virtual Account yang Anda dapatkan dari Ambon Access
    5. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi

    Internet Banking BNI

    1. Login ke internet banking Anda
    2. Pilih menu TRANSFER KE VIRTUAL ACCOUNT
    3. Masukkan nomor Virtual Account yang didapatkan dari Ambon Access
    4. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi

    Mobile Banking BNI

    1. Login ke mobile banking Anda
    2. Pilih menu TRANSFER KE VIRTUAL ACCOUNT
    3. Masukkan nomor Virtual Account yang didapatkan dari Ambon Access
    4. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi
  3. Melalui Bank Mandiri:
  4. ATM Mandiri

    1. Masukkan kartu ATM dan PIN ATM Anda.
    2. Pilih menu “BAYAR/BELI”.
    3. Pilih menu “Lainnya”.
    4. Pilih “Multi Payment”.
    5. Masukan kode Perusahaan Ambon Access “89311”
    6. Masukan nomor Virtual Account Anda yang muncul pada aplikasi.
    7. Masukan nominal yang Anda inginkan.
    8. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi.

    Internet dan Mobile Banking Mandiri

    1. Login pada website Mandiri Online dengan memasukkan user ID dan PIN.
    2. Pilih menu “Pembayaran”.
    3. Pilih menu “Multi Payment”.
    4. Pilih Penyedia Jasa “A Access 89311”
    5. Pilih "No Virtual Account"
    6. Masukan nomor Virtual Account Anda yang muncul pada aplikasi.
    7. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi.
  5. Selain Bank BNI dan Bank Mandiri:
  6. ATM Bank Lain

    1. Masukkan kartu ATM dan PIN rekening yang Anda gunakan
    2. Di menu utama, pilih Menu TRANSFER
    3. Pilih TRANSFER KE ATM BERSAMA/BANK LAIN
    4. Masukkan kode Bank BNI (009) atau kode Bank Mandiri (008)
    5. Masukkan nomor Virtual Account yang Anda dapatkan dari Ambon Access
    6. Masukkan nominal yang Anda inginkan
    7. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi

    Mobile Banking atau Internet Banking bank lain

    1. Login ke Mobile Banking atau Internet Banking rekening yang Anda gunakan
    2. Pilih menu TRANSFER ANTAR BANK dalam negeri
    3. Pada tampilan layar transfer, isi tujuan pengiriman ke Bank BNI
    4. Masukkan nomor Virtual Account yang didapatkan dari Ambon Access
    5. Masukkan nominal yang Anda inginkan
    6. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi

Berapa batas saldo minimum Top Up di aplikasi Ambon Access ?

Batasan minimum Top Up di aplikasi Ambon Access sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah).

 

Berapa batas saldo maksimum yang dapat disimpan di aplikasi Ambon Access ?

Batasan maksimum saldo yang dapat disimpan di aplikasi Ambon Access sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah)

 

Apakah saldo bisa di transfer antar Pengguna Ambon Access?

Tentu saja bisa, dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pilih menu Dompet pada halaman beranda;
  2. Pilih menu Transfer;
  3. Input ID Ambon / nomor Ponsel Pengguna Ambon Access yang ingin Anda transfer;
  4. Input nominal saldo yang ingin di transfer;
  5. Input berita di kolom catatan jika ingin dicantumkan;
  6. Klik tombol lanjutkan;
  7. Konfirmasi transfer saldo (pastikan data konfirmasi sesuai yang Anda inginkan);
  8. Input PIN Transaksi Anda;
  9. TransferSukses.

 

Berapa batas saldo minimum di aplikasi Ambon Access ?

Batasan minimum saldo di aplikasi Ambon Access adalah sebesar Rp 0,- (nol rupiah).

 

Bagaimana cara melihat riwayat transaksi di aplikasi Ambon Access ?

Pada halaman beranda utama pilih ikon saldo dan pilih menu riwayat transaksi.

 

Berapa batas saldo minimum transfer dan transaksi pada aplikasi Ambon Access ?

Batasan minimum transfer antar Pengguna di aplikasi Ambon Access adalah Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah).

 

Berapa batas saldo maksimum melakukan transaksi dalam sebulan di aplikasi Ambon Access ?

Batasan maksimum nilai transaksi menggunakan aplikasi Ambon Access sebulan sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah).

 

IV. KETENTUAN TRANSFER KE REKENING BANK

Bagiamana cara melakukan pencairan saldo ?

Berikut langkah-langkah proses penarikan dana (withdraw) pada aplikasi Ambon Access :

  1. Klik ikon “Transfer”;
  2. Pilih Ke Rekening Bank;
  3. Pilih Bank Tujuan;
  4. Masukkan nomor rekening;
  5. Ketik nominal yang ingin di transfer;
  6. Ketik deskripsi dalam kolom “Catatan”;
  7. Klil “Lanjutkan”;
  8. Input PIN Transaksi;
  9. Input kode OTP yang diterima;
  10. Klik tombol “Submit”;
  11. Selesai.

 

Rekening bank apa saja yang dapat digunakan untuk pencairan ?, Apakah ada biaya yang dibebankan ?

Untuk saat ini pencairan saldo dapat di transfer ke rekening bank BCA, BNI, BRI, BTPN, CIMB NIAGA, DANAMON, MANDIRI, MEGA, dan PERMATA serta TIDAK ADA biaya yang dibebankan ke Pengguna.

 

Berapa lama waktu proses transfer ke rekening Bank ?

Prosesnya real time setelah permintaan penarikan dana berhasil dilakukan diaplikasi Ambon Access.

 

Berapa batas saldo minimum proses transfer ke rekening Bank ?

Batas minimum saldo minimum transfer ke rekening Bank di aplikasi Ambon Access adalah sebesar Rp. 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah).

 

Apakah bisa melakukan pembayaran antar Pengguna Ambon Access tanpa menggunakan uang tunai ?

Tentu saja bisa, dengan aplikasi Ambon Access hidup Anda akan lebih nyaman untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan uang tunai, dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda sudah mengetahui barcode Pengguna lain yang ingin Anda bayarkan.
  2. Pilih menu barcode pada aplikasi Anda.
  3. Scan barcode Pengguna lain.
  4. Masukan nominal yang ingin Anda bayarkan.
  5. Masukan berita yang ingin dicantumkan.
  6. Klik lanjut.
  7. Status pembayaran langsung popup di perangkat yang Anda gunakan.

 

V. FITUR PEMBAYARAN ONLINE

Fitur pembayaran online itu apa

Fitur yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Pengguna dalam melakukan pembayaran rutinitas bulanan atau pembelian harian secara online tanpa perlu antri, menghemat waktu dan tidak perlu mengeluarkan biaya akomodasi yang dapat menyulitkan Anda, bahkan Anda dapat ikut berdonasi dalam melawan Corona. Fitur pembayaran online yang kami sudah miliki saat ini yang dapat Anda gunakan, antara lain:

Top Up

1.

Money Cash

 

2.

Gopay

 

3.

OVO Grab

Prabayar

1.

Pulsa Prabayar

 

2.

Paket Data

 

3.

Token PLN

 

4.

Voucher Game

 

5.

Donasi

Pascabayar

1.

Tagihan PLN

 

2.

Pulsa Pascabayar

 

3.

BPJS Kesehatan

 

4.

Telepon

 

5.

TV Berlangganan

 

Bagaimana cara penggunaan fitu pembayaran online ?

Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Anda pilih layanan pembayaran atau pembelian yang Anda butuhkan;
  2. Isi data sesuai dengan yang Anda kehendaki;
  3. Akan muncul tampilan konfirmasi sebelum melanjutkan transaksi, pastikan data yang Anda isi sudah sesuai dengan yang diinginkan;
  4. Masukan PIN transaksi Anda;
  5. Akan muncul resi dan status transaksi yang Anda lakukan.

 

Mengapa pulsa yang saya sudah bayarkan belum diterima?

Pastikan Anda sudah memasukkan nomor ponsel tujuan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan saat proses pengisian pulsa. Jika nomor ponsel tujuan yang Anda masukkan sudah benar tapi pulsa belum terisi, Anda dapat menghubungi pusat bantuan pada aplikasi Ambon Access Anda.

 

Bagaimana jika nomor ponsel dan nominal pulsa yang diisi saat pembelian salah ?

Jika nomor ponsel yang Kamu masukkan sudah terdaftar dan valid di provider maka transaksi akan tetap dianggap berhasil. Sebaliknya, jika nomor ponsel yang Anda masukkan tidak terdaftar maka transaksi akan sukses otomatis diawal. Namun bisa dilakukan pengecekan ulang untuk memastikan status transaksi dengan cara menghubungi pusat bantuan pada aplikasi Ambon Access. Apabila status transaksi sudah dipastikan gagal maka saldo akan Kami kembalikan ke saldo Anda.

 

Bagaimana cara mengetahui status transaksi berhasil atau gagal ?

Untuk mengetahui status transaksi, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Klik menu Dompet, lalu pilih Riwayat Transaksi
  2. Klik transaksi yang Anda sudah lakukan, Anda dapat melihat status transaksi pada halaman detail

 

VI. FITUR MART@CCESS

Apa itu fitur Mart@ccess ?

Fitur Mart@ccess pada aplikasi Ambon Access merupakan fitur yang menyediakan berbagai barang kebutuhan pokok baik secara satuan maupun grosir bagi masyarakat kota Ambon.

 

Bagaimana cara menggunakan fitur Mart@ccess ?

Setelah mendownload aplikasi Ambon Access di App Store, fitur Mart@ccess dapat digunakan oleh Pengguna Ambon Access dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Ambon Access.
  2. Lakukan pendaftaran Akun (bagi yang belum memiliki aplikasi Ambon Access).
  3. Klik fitur “Mart@ccess” pada halaman beranda aplikasi Ambon Access.
  4. Pilih produk yang diinginkan kemudian lanjutkan proses belanja online.

 

Apa manfaat fitur Mart@ccess ?

Manfaat fitur Mart@ccess bagi masyarakat Kota Ambon :

  1. Sebagai media belanja kebutuhan pokok secara online bagi masyarakat Ambon.
  2. Pengguna dapat belanja lebih cepat, mudah dan nyaman dengan adanya fitur Mart@ccess di aplikasi Ambon Access.
  3. Harga yang ditawarkan kompetitif.
  4. Pengguna dapat melakukan pembelian baik secara satuan maupun grosir.

 

Apa saja kategori produk yang dijual di fitur Mart@ccess ?

Kategori produk yang dijual di fitur Mart@ccess adalah seluruh produk barang-barang kebutuhan pokok.

 

Apa ada minimum pembelanjaan untuk produk yang dijual di fitur Mart@ccess ?

Minimum pembelanjaan pada fitur Mart@ccess adalah sebesar Rp. 35.000.

 

Apa saja metode pengiriman di Mart@ccess ?

Untuk saat ini pengiriman ke alamat tertentu hanya melalui kurir Mart@ccess.

 

Berapa lama proses pengiriman barang di Mart@ccess ?

Pengiriman barang dilakukan paling lambat 1x24 jam.

 

Apakah Pembeli dapat mengajukan pengembalian produk Mart@ccess

Pembeli dapat mengajukan pengembalian produk Mart@ccess apabila produk yang diterima Pembeli tidak sesuai dengan pesanan.

 

Bagaimana Pembeli melakukan proses pengembalian produk di Mart@ccess

Berikut langkah-langkah Pembeli mengajukan pengembalian produk :

  1. Pembeli dapat mengajukan keluhan apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan klik ikon "Complain".
  2. Pembeli dan pihak Ambon Access berdiskusi melalui layanan "Complain" untuk mencari solusi yang terbaik.

Setelah kesepakatan mengenai alasan pengembalian produk diterima, nilai dana yang dikembalikan disetujui berdasarkan hasil diskusi, maka Pembeli dapat mengembalikan produk dengan mengacu kepada hasil diskusi.

 

VI. KETENTUAN PRODUK

Apakah harga yang tercantum sudah termasuk ongkos kirim ?

Harga yang tercantum pada produk tidak termasuk ongkos kirim, namun ongkos kirim akan dikalkulasi berdasarkan berat produk dan lokasi alamat Penjual dan Pembeli. Ongkos kirim akan dikalkulasi ke dalam total harga yang dibayar ketika Pembeli memasukkan pilihan kurir di aplikasi.

 

Berapa jumlah maksimum produk yang dapat Penjual unggah ke toko Penjual ?

Tidak ada batasan maksimum jumlah produk yang dapat di upload ke toko.

 

Berapa jumlah maksimum foto yang dapat Penjual unggah per produk ?

Maksimum jumlah foto yang dapat di unggah per produk adalah 4 (empat) foto.

 

Bagaimana cara mengunggah produk pada aplikasi Ambon Access ?

Berikut langkah-langkah mengunggah produk melalui aplikasi Ambon Access :

  1. Klik ikon "Tambah Produk" pada halaman Akun.
  2. Isi rincian produk, seperti : Nama Produk, Kategori Produk, Kondisi Produk, Harga Produk, Diskon (jika ada), Deskripsi Produk, Jumlah Stok, Pemesanan Minimum, Berat Produk.
  3. Unggah foto Produk.
  4. klik ikon "Simpan".

 

VII. PENGIRIMAN PRODUK

Apa saja pilihan jasa kirim di Ambon Access ?

Pilihan jasa kirim yang dapat dipilih oleh Pembeli melalui aplikasi Ambon Access :

  1. JNE.
  2. PT. POS Indonesia.
  3. TIKI.
  4. J&T.

 

Bagaimana jika Penjual tidak sengaja mengirimkan pesanan dengan jasa kirim yang tidak sesuai dengan jasa kirim pilihan Pembeli ?

Penggunaan jasa kirim yang berbeda tidak disarankan karena beberapa hal sebagai berikut :

  1. Perhitungan ongkos kirim antara jasa kirim tidak sama.
  2. Secara sistem Pembeli tidak tahu informasi posisi barang.
  3. Akan menimbulkan kekhawatiran Pembeli.
  4. Flow proses lalulintas transaksi pada menu status transaksi di aplikasi jadi tidak sesuai.

Apabila Penjual tidak sengaja mengirimkan pesanan yang berbeda dengan jasa kirim yang dipilih oleh Pembeli, maka Penjual dapat menginformasikan kepada Pembeli jasa kirim yang dipilih oleh Penjual.

 

Berapa lama waktu pengiriman Penjual ?

Lama waktu pengiriman bergantung pada lokasi alamat Penjual dengan Pembeli,  jasa kirim yang dipilih Pembeli dan tipe layanan kirim yang dipilih, Berikut estimasi pengiriman (setelah pesanan dikirimkan oleh Penjual melalui jasa kirim yang dipilih oleh Pembeli) :

* Waktu Pengiriman Dalam Negeri :

Jasa Kirim

Pengiriman Dalam Kota

Pengiriman Luar Kota

JNE

1-2 Hari

2-5 Hari

PT. POS INDONESIA

2-3 Hari

4-7 Hari

TIKI

1-2 Hari

2-5 Hari

J&T

1-2 Hari

2-5 Hari

 

Kapan Penjual harus mengirimkan pesanan kepada Pembeli ?

Penjual dihimbau untuk mengirimkan pesanan kepada Pembeli dalam masa pengemasan yang telah ditentukan oleh Penjual. Apabila, dalam masa pengemasan terdapat hari Sabtu, Minggu, libur nasional dan non operasional jasa kirim, maka masa pengemasan Penjual ditambah sesuai jumlah hari tersebut.

 

Bagaimana cara melacak status pengiriman pesanan Pembeli ?

Detail status pengiriman Penjual kepada Pembeli saat ini dapat dilihat melalui website masing-masing jasa kurir sebagai berikut :

  1. JNE : www.jne.co.id
  2. PT. POS Indonesia : www.posindonesia.co.id
  3. TIKI : https://tiki.id
  4. J&T : www.jet.co.id

Apabila Pembeli menemui masalah, dapat menghubungi Customer Service Ambon Access, tetapi tanggung jawab atas pengiriman pesanan menjadi tanggung jawab masing-masing jasa kirim.

 

Siapa yang menanggung ongkos kirim untuk pengembalian produk ?

Ada dua jenis ongkos kirim :

  • Ongkos kirim pertama : Ongkos kirim pada saat Penjual mengirimkan pesanan kepada Pembeli. Ongkos kirim ini ditanggung oleh Pembeli (termasuk didalam harga barang)
  • Ongkos kirim kedua : Ongkos kirim untuk Pembeli mengembalikan pesanan kepada Penjual jika terjadi Pengembalian Barang. Pembeli dan Penjual wajib melakukan diskusi terlebih dahulu siapa yang akan menanggung ongkos kirim. Jika tidak terjadi ketidaksepakatan dalam diskusi tersebut, Ambon Access memiliki kewenangan tidak terbatas untuk menentukan siapa yang akan menanggung ongkos kirim tersebut dan keputusan Ambon Access bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

VIII. KETENTUAN PENGEMBALIAN PRODUK ATAU DANA

Apakah Pembeli dapat mengajukan pengembalian produk kepada Penjual ?

Pembeli dapat mengajukan pengembalian produk kepada Penjual apabila produk yang diterima Pembeli tidak sesuai dengan rincian produk yang disebutkan Penjual diatas pada "Ketentuan Produk".

 

Bagaimana Pembeli melakukan proses pengembalian produk ?

Berikut langkah-langkah Pembeli mengajukan pengembalian produk kepada Penjual :

  1. Pembeli dapat mengajukan keluhan apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan rincian produk yang diberikan Penjual dengan klik ikon "Complain".
  2. Pembeli, Penjual dan pihak Ambon Access berdiskusi melalui layanan "Complain" untuk mencari solusi yang terbaik bagi Pembeli maupun Penjual.
  3. Setelah kesepakatan mengenai alasan pengembalian produk diterima Penjual, alamat pengembalian produk, nilai dana yang dikembalikan disetujui masing-masing Pihak berdasarkan hasil diskusi, maka Pembeli dapat mengembalikan produk dengan mengacu kepada hasil diskusi.

Catatan : Ongkos kirim pengembalian produk ditentukan pada saat diskusi antara Pembeli, Penjual dan pihak Ambon Access.

 

Apakah Penjual dapat menolak pengajuan pengembalian produk dari Pembeli ?

Penjual dapat menolak pengajuan pengembalian produk dari pembeli dengan alasan yang dapat diterima, seperti : Pembeli mengajukan pengembalian produk lebih dari 1 (satu) kali dan pengajuan pertama telah diproses.

 

Setelah proses pengembalian produk telah diproses, bagaimana proses pengembalian dana ?

Penjual akan mengembalikan dana ke rekening Pembeli yang telah disepakati pada saat diskusi antara Pembeli, Penjual dan Pihak Ambon Access.